Senin, 03 April 2023

PENERAPAN CRM PADA PERUSAHAAN KENTUCKY FRIED CHICKEN(KFC)


 Tidak semua perusahaan atau wirausahawan dapat memberikan sebuah produk yang dijual menyedari pentingnya sebuah pelayanan terhadap konsumen. Hal ini dapat terjadi lantaran perusahaan hanya berfokus pada produk yang mereka jual. Oleh kerena itu dibutuhkanlah sebuah strategi yang mampu menjadi aturan sebuah perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk memberikan kepuasan lebih kepada konsumen.

CRM atau Customer Relationship Management merupakan sebuah strategi manajemen hubungan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan dalam melakukan usaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Strategi ini dilakukan untuk membantu perusahaan mendapatkan keuntungan berupa memperoleh kepercayaan konsumen, memperoleh pendapatan yang lebih besar, serta karyawan yang profesional.

CRM tidak hanya memberikan sebuah gambaran bagaimana memberikan perlayanan yang baik, ada beberapa fungsi lain dengan adanya CRM, antara lain:

·       Dapat menganalisis konsumen berdasarkan kriteria tertentu

·       Informasi akan konsumen dapat direkam sehingga perusahaan dapat mengetahui kebutuhan konsumen

·       Dapat memberikan timbal balik kepada perusahaan

Dengan adanya CRM diharapkan para wirausahawan dapat mengetahui langkah-langkah dalam melayani konsumen, agar para konsumen tidak hanya puas akan barang yang mereka beli tetapi juga terhadap pelayanan yang diberi.

Penerapan strategi CRM untuk membentuk interaksi antara perusahaan dengan para konsumen.



 

Penjelasan Gambar

Strategi CRM membutuhkan empat komponen :

  1. Customer-management orientation

Customer-management orientation mencakup sekumpulan nilai-nilai perusahaan serta strategi dan aksinya dalam mengimplementasikan customer management principles

  1. Integration and alignment of organizational processes

Integration and alignment of organizational processes dikelola dengan memahami nilai yang akan diberikan pada pelanggan yang sudah ditargetkan sesuai dengan prosesnya. Komponen ini dapat digunakan untuk menjelaskan dan merancang  proses organisasinya

  1. Information capture and alignment of technology

Information capture and alignment of technology dikarakteristikan oleh kemampuan dalam mentransfer data menjadi dalam bentuk informasi

  1. CRM strategy implementation

Pengimplementasian CRM dalam proses dan aktivitas dibutuhkan untuk menyukseskan strategi CRM

 

Salah satu perusahaan yang menerapkan strategi CRM pada perusahaannya yaitu Kentucky Fried Chicken atau KFC. Perusahaan ini merupakan restoran makanan cepat saji yang berasal dari Amerika Serikat yang berada di distrik Louisville. KFC didirikan pada 20 Maret 1930 oleh pria yang bernama Harland Sanders. Produk utama yang dijual perusahaan ini adalah ayam goreng, KFC merupakan perusahaan restoran terbesar kedua di dunia dibawah McDonald’s diurutan pertama, dengan memiliki kurang lebih 22.621 lokasi secara global di 150 negara pada tahun 2019.

Cara KFC menerapkan CRM pada perusahaan.

  • Stempel akan diberikan setiap kali pelanggan berbelanja produk KFC, Stempel yang terkumpul dapat ditukarkan dengan produk gratis atau merchandise.
  • Pelanggan dapat menggunakan aplikasi KFC untuk menunjukan lokasi KFC cabang terdekat. Selain lokasi, Pelanggan juga dapat melihat promosi atau bahkan penawaran khusus sesuai dengan lokasi customer.
  • Aplikasi KFC akan merekam setiap perilaku atau kebiasaan pelanggan, dari situ perusahaan dapat mengetahui penawaran atau promosi yang sesuai untuk pelanggan.
  • Wifi gratis di lokasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENERAPAN CRM PADA PERUSAHAAN KENTUCKY FRIED CHICKEN(KFC)

  Tidak semua perusahaan atau wirausahawan dapat memberikan sebuah produk yang dijual menyedari pentingnya sebuah pelayanan terhadap konsum...